Selasa, 27 Desember 2011

TRIK BELAJAR RAIH PRESTASI DAN UJIAN BAGUS

ass.......kali ini saya membawa triks yang sangat bermanfaat dan dapat memotifasi kita, berikut merupakan trik kita dalam belajar untuk bisa meraih prestasi dan hasil ujian yang memuaskan, dari pada kelamaan basa basinya langsung aja aku kasih nih : 


1. Milikilah Semangat Belajar yang Tinggi
Belajar seringkali dianggap momok atau hantu bagi siswa. Jangan merasa tertekan bila disuruh belajar. Hilangkan perasaan ini. Lakukanlah belajar dengan penuh semangat sebagai kegiatan yang menyenangkan. Tanamkan pada diri "Tanpa Belajar Tidak Akan Bisa serta Adalah Langka Orang Sukses dan Berprestasi Tanpa Usaha". Anggap belajar merupakan kebutuhan serta prasyarat kesuksasanmu masa sekarang dan masa mendatang

2. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan Tiap individu memiliki kebiasan belajar yang tidak sama. Lakukan belajar yang menurutmu kamu rasa paling nyaman. Kalau kamu merasa nyaman dengan belajar pakai musik, maka lakukan tetapi dengan cacatan itu membuat kamu bisa konsentrasi dan bukan sebaliknya. Namun, jika kamu merasa enjoy kalau belajar diruangan hening dan nyaman maka carilah tempat seperti itu, misalnya di kamar. Asal jangan sampai tidur lho..

3. Biasakan Belajar Secara Terarur
Kalau liburan memang kamu perlu refleshing untuk penyegaran otak. Namun, pada saat hari efektif sekolah kamu harus rutinkan belajar, misalnya ambil tiap hari untuk paling tidak beberapa jam mengulang pelajaran yang telah diajarkan serta melihat jadual pelajaran besoknya dengan membaca sepintas. Lakukan ini bertahap dan jadikan kebiasaan, sehingga tiada terasa kamu lakukan tanpa paksaan siapapun.

4. Buatlah Ringkasan Masing-Masing Pelajaran
Bila ini kamu lakukan tentu akan memudahkan kamu menghafalkan pelajaran itu. Beri tanda, stabilo, simbol, gambar atau apapun yang membuatmu lebih mudah mengingat materi pelajaran tersebut.

5. Latihan Soal
Carilah banyak contoh soal di samping yang telah diberikan gurumu dari berbagai medi atau buku, kemudian berlatihlah mengerjakan soal-soal. Kalau soal-soal telah ada kuncinya, jangan lihat dulu kuncinya sebelum kamu mengerjakannya sendiri.

6. Cari Trik Mengerjakan Cepat Jika Ada
Apasalahnya disamping cara mengerjakan ideal, kalau ada trik mengerjakan cepat atau pintas, khususnya untuk materi penghitungan. Ini maksudnya bukan jalur nyontek lho.., kamu pasti mengerti yang dimaksud di sini.

7. Jangan Tanamkan Tidak Suka Pada Suatu Pelajaran Tertentu
Memang tidak bisa dipungkiri terkadang ada guru yang dalam penyampaian materi pelajaran dirasa tidak enak dan membosankan. Kalau kamu temui hal semacam ini justru jangan menjadikan tidak suka pada pelajarannya. Boleh tidak suka gurunya tetapi jangan pada pelajarannya. Usahakan sukai semua pelajaran. Jika kasus semacam ini kamu temui, kamu harus ekstra belajar lagi di rumah. Cari banyak literatur atau bahan belajar materi pelajaran tersebut, kemuadian baca dan pelajari lebih intensif. kalau perlu tanya teman dan guru lain supaya lebih pintar dalam pelajaran tersebut.

8. Jangan Banyak Bermain, Game-Gamean, Face Book-an, dsb.
Kurangi aktivitas bermain-main, game-gamean, face book-an, dsb. aktifitas yang justru menjadikan kamu lupa belajar. Apalagi bila kamu akan menghadapi ivent ujian maupun lomba. Konsentrasikan pikiran menghadapi ivent tersebut. Toh nanti juga ada masa liburan. Betul tidak....?

9. Lakukan Belajar dengan Ikhlas
Sebenarnya ini harus diletakkan di awal. Sebab dengan ikhlas melaksanak sesuatu pekerjaan karena Allah SWT. semata maka semua akan ringan dan dicatat sebagai amal baik dan insyaallah akan memudahkan kita meraih prestasi, hasil yang bagus, serta kesuksesan luar biasa di luar dugaan kita.

10. Bersikaplah Sopan Pada Guru dan yang Lebih Tua
Tidak akan berat bila kamu biasakan slam kalau ketemu orang lain dengan bersalaman atau ucapan salam. Kalau bisa waktu bersalaman pada guru atau yang lebih tua dengat jabat tangan serta cium tangannya, anggap orang tua sendiri pasti tidak berat kok. Kemudian Sapa orang lain, kasih senyuman. Pasti wajahmu terlihat cakep. Kemudian bersikaplah sopan. Pasti akan lebih indah. Setujukan... 
11. Jangan Merasa Sudah Terpintar dan Sombong 

Nah... inilah yang bisa menurunkan prestasi dan kesuksesan seseorang. Lebih bagus sebaliknya sehingga mau belajar lebih giat lagi. Kan di atas langit masih ada langit. 
12. Perbanyak Berdoa/ Sholat Tahajud( Kalau Beragama Islam)
Kalau orang masih mau berdoa berarti di tidak sombong pada penciptanya. Gimana kalau temanmu sombong kepadamu- ketika bertemu/ berpapasan tetapi tidak mau menyapamu? Itu sesama makhluk, kalau dengan Sang Pencipta juga begitu, tidak mau menyapa, memuji atau meminta, bukankah itu berarti bersikap sombong? Padahal Allah SWT telah berjanji dalam Al-Karim "Mintalah kepadaKu niscaya/ pasti kukabulkan".
13. Persiapkan Alat Tulis dan Datang 15 Menit Sebelum Ujian
Alat tulis seperti pensil, penghapus, rautan, bulpoin, alas, dsb. harus sudah dipersiapkan, karena ini merupakan alat yang paling prinsip di samping materi yang sudah dipelajari. Datang dan mempersiapkan diri 15 menit sebelum ujian bisa untuk menata psikologi waktu ujian, sehingga bisa tenang, enjoy, dan optimis dalam pelaksanaan ujian. 
Okeylah kalau begitu... Itu dulu Trik yang diulas, sebenarnya masih banyak lho... Namun itu saja kalau kamu mau mempraktekkan insyaallah pasti prestasimu dan hasil ujianmua akan lebih bagus. Pada akhirnya nanti kamu bisa jadi orang yang lebih sukses. Aminn...

1 komentar: